>Perjalanan Ekskursi "Jabiger" ke Cagar Alam Geologi Karang Sambung 2010 Part 1

>Pukul 12 siang tepatnya tanggal 16 januari 2010, Jabiger (anak-anak HMTG “BUMI” STTNAS) berkumpul di tung-qu (sebuah warung tempat makan sekaligus wkwk,,yang posisinya berada di depan kampus).

Sekitar 25 orang jabiger bersiap-siap berangkat ekskursi ke Kar-Sam (di baca Karang Sambung). Setelah menunggu sekitar 20 menit, barulah bus datang dan membawa kami pergi, cekidot foto-foto di dalam perjalanan ke Karang Sambung ( sedikit memaksa,,haha…).
bus ini yg bawa kami pergi :D ( sbg pembanding ada bg erwil di situ,,haha..)
wowow,,eksis trus,,,
aseek,,,maen trus dg fotografi tuh,,haha
ne bukan di sumedang ya, masih di jogja tepatnya depan Monjali (bus berhenti nunggu Bu Win yang sebagai dosen pendamping kami :D)
peduli bukan begitu caranya hy kawan bermobil..:)
suasana di dalam bus…(yg pake topi merah,,stop jadi pengamen sudah,,haha)
kita lurus terus, ke arah kebumen kota ya..
simpang terakhir, Kar-Sam belok kanan ya..:D
ne pintu gerbangnya kawan.. :D 
sampelah kami di kampus lapangan karang sambung :D
Mulai dari kampus sinilah, suasana geologi terasa sekali. Mulai dari nama-nama ruangan yang di kasih nama Formasi Karang Sambung itu sendiri, juga Taman yang ada pajangan berbagai model batu, gag kalah juga, foto-foto yang bertema Geologi terpampang manis di ruang makan.
Baru sampe kampus lapangan, Langsung foto-foto dunk.
Cekidot (maksa dikit,,hehe)
jabiger depan asrama penosogan (penosogan itu nama salah satu  formasi kar-sam)
banyak juga buga-bunga di sekitar kampus..segar abis hujan :D
terjadi amblesan tanah di kampus (hehe,,stop bicara geo teknik sudah,,,wkwk)
ne contoh batuan lava basalt yang terkena struktur kekar :D  (ini di pajang di taman dekat kampus)
Bapak Prof.Ir Sukendar Asikin yang mencanangkan ne kampus lapangan.. :D 
dekat kampus, juga ada pasar :D
hunting foto di sawah samping kampus..ajib..:D
tak lupa foto sunset di karang sambung

Sekarang kita lanjutin kegiatan malam, setelah mandi kami bersiap makan jam 7 malam dan di lanjutkan dengan kuliah lapangan, seperti ngebahas perkenalan dan juga orientasi lapangan.
Cekidot fotonya yak (maksa dikit,,hehe)

waktunya makan

Yang lebih mantapnya lagi, di tempat makan ini kita juga bisa liat foto-foto yang bertema Geologi yang bagus-bagus.
Mantap pokoknya :D

ne bapak Ir Chusni Anshori, M.T yang mengisi kuliah orientasi lapangan
sory, foto nya di depan rambut yang berkontur tidak jelas :D haha

Karang Sambung sebenarnya udah lama di teliti bahkan sebelum Indonesia merdeka tepatnya tahun 1933 oleh Harlof. Karang Sambung itu sendiri mempunyai batuan yang unik dan langka yang mana ini dapat dijelaskan oleh konsep tektonik lempeng. Untuk keberadaan kampus lapangan Karang Sambung itu sendiri telah di kelola oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), jadi kampus ini terlihat bagus dan sangat menarik.
Karang Sambung di tujukan sebagai tempat pendidikan geologi lapangan baik itu orientasi maupun observasi dan juga sebagai pemasyarakatan dan geowisata (jadi bagi yang masih SMA bahkan TK sekalipun bisa main-main ke sini..).

O..iya, Karang Sambung merupakan nama kecamatan dan termasuk dalam wilayah kabupaten Kebumen.
Nama kebumen itu sendiri datang dari orang yang pertama yang datang dan membuat pendepokan di Kebumen, nama orang itu Ki Bumi Dirjo berubah menjadi Kibumian berubah jadi Kebumian dan terakhir Kebumen. Kebumen terkenal dengan julukan Kota Burung Walet, itu gag salah karena bagian selatan kota Kebumen terdapat Goa Karst tempatnya burung walet tinggal.

Untuk penjelasan orientasi medan, langsung ke lapangan aja yak, ribet nulisnya di blog (hehe..).
Lanjut setelah selesai kuliah, kita pergi ke asrama dan yang jelas foto-foto (hahaha).
foto rame-rame di salah satu kamar…
fotografer mata merah..:D
ne di kamar mahsiswinya (cuma 4 orang aja..;D)
foto kodok di dalam asrama yang lagi bingung dan berkata “macam rame kah ???”

Itulah foto yang terakhir, sebelum terlelap oleh sejuknya udara Karang Sambung. Untuk acara ke lapangannya akan di bahas tuntas di Part 2 (alasannya karena takut kebanyakan foto malah susah di buka ne blog hehe..).
Thank yang udah baca, tapi jangan lupa baca yang Part 2 ya (sedikit memaksa,,hahaaha).

to be continued….
:D

About these ads

About geoball hmtg bumi

Seorang mahasiswa geologi yang suka jalan-jalan menikmati alam Indonesia yang sangat indah, tertarik dalam dunia fotografi, suka sharing akan hal yang bermanfaat dan aku adalah sang pemimpi yang mempunyai mimpi besar berkerja di offshore dan pastinya i'am an ordinary people ;D
This entry was posted in Kisah geologi-ku, Kuliah Lapangan. Bookmark the permalink.

8 Responses to >Perjalanan Ekskursi "Jabiger" ke Cagar Alam Geologi Karang Sambung 2010 Part 1

  1. gp says:

    >aku suka photo alamnya :)itu, batu2 asli dari Karang Sambung semua? bukan dari daerah lain?kalau aku yg liat ya tetep aja itu batu, ga ada specialnya :(

  2. gp says:

    >ditunggu part 2 nya

  3. >@mbak gp : hehe,,,,iya mbak,,,karang sambung kan daerah melange jadi daerah itu banyak terdapat batuan…gag mbak,,,cuma di karang sambung aja yang batuannya kompleks..:Dwaduh,,bagi kami, kalo udah ngeliat singkapan batuan udah kayak liat model mbak..:Doke mbak,,thank udah mampir mbak,,ntar aq mampir k blog mbak jg ya..:Dskrang lg ada kerjaan,,hehe

  4. Hipolitus says:

    >mantap bal…kok fotoku cuman dikit???

  5. >@hipolitus: thank bg,,,hehe,,,abg kurang eksis sih..:D

  6. >hahahaeee… itu kodok bikin aku ketawa. "macam rame ka"… pasti dia pusing gara2 dengar suaranya joe

  7. >@bg maulana: hehe,,,iyo bg,,,paling brisik memang dy,,,biasa toh,,,angkatan pra tersier,,,,wkwkwk

  8. Gunadhers says:

    Nice Share pengalaman KL nya. Salam Dari Geologi Trisakti

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s