>Review Seminar di Unsoed dan Eskursi Mineralisasi Emas Epithermal di Gumelar,Jawa Tengah

>

Emang sih udah lama acaranya, sekitar dua minggu yang lalu aku dan temanku pergi seminar di Batu Raden sekaligus eskursi keesokan harinya ke Gumelar, Jawa Tengah.
Semua acara di selenggarai oleh anak-anak geologi unsoed.


Bergerak dari Jogja ke Purwokerto, start jam 10 malam dari Jogja ke Purwokerto.
Setiap kota kami singgahi buat istirahat sejenak, baik itu di Purworejo, Kebumen dan terakhir di Kota Satria ( julukan kota Purwokerto).
Cekidot dulu dunk foto-fotonya..hehe ^^

nyantai dg gandung di purworejo kira-kira jam 11 malam
alun-alun kebumen kira-kira jam 12.30
sampe purwokerto jam 2 dini hari (suasana kabut mencekam)


Akhirnya sampe di purwokerto, sekitar jam 2 dini hari, kabut di purwokerto sangatlah tebal, sampe-sampe jaket yang aku kenakan itu lembab (ckckckck,,,,kasian).

O..iya,,dalam perjalanan dari Jogja Purwokerto di tempuh dalam 5 jam perjalanan itu udah di tambah istirahat di kota-kota yang kami lewati. Untuk suasana jalanan yang menurut aku paling seram tuh, 10 menit sebelum kota banyumas, di situ tuh gag hanya pagi, tapi tengah malam ada-ada aja orang minta duit di situ pake lilin segala (seram,,hehe..gw tau kalo orang di situ minta duit dari petugas pom bensin sesudah jalanan seram itu).

Udah sampe purwokerto, aku dan gandung, langsung ke baturaden untuk bermalam, (udah ada hotel yang di sediakan panitia untuk peserta bermalam^^).
Ups,,dikamar, aku dan gandung sekamar dengan anak geologi dari kampus ternama di Jogja.
Hmm..di sini ne ada perbedaannya antara anak kampus situ dengan sini..hihi^^
Cekidot aja foto perbedaanya^^

yang kiri punya kite dan yg kanan punya situ^^

Keliatan khan bedanya (hihihi..)
Walaupun bedanya parah banget, itu tidak mengecilkan niat aku jadi Geologist Sejati (hehe…amin…).
Mari kita pejamkan mata dan bermimpi yang indah.


Keesokan harinya..


Seminar berlangsung, waduh gara-gara di kamar mandi gag ada air jadi telat deh pergi seminarnya (hehe..alasan aja gw).
Untuk seminar, aku dan gandung gag merhatiin apa yang di bilang pembicara, maklum kondisi masih ngantuk (hehe..ngeles aja ne gw).


Sorenya seminarpun usai, dan hari berganti malam.
Karena, malam hari itu bertepatan malam minggu, aku dan teman-teman geologi yang lain pergi main-main ke alun-alun Purwokerto.
Insting fotograferpun timbul, cuma ini foto-foto di alun-alun Purwokerto..

kayak opera java gitu,,hehe
anak-anak nongkrong d alun2


Malam semakin larut, kamipun pulang ke hotel untuk istirahat untuk menjaga kondisi biar fit buat eskursi esok hari.



Bulanpun berganti dengan matahari…

Pagi-pagi aku bersiap pergi eskursi dengan bus yang telah disediakan panitia.

Sebelum berangkat, kita narsis dulu, cekidot^^

foto bersama di depan hotel


Sebenarnya kegiatan eskursi ini di bagi dua tempat, yang pertama ke Cipari (Ladang Minyak, katanya..) dan yang kedua ke Gumelar (Tambang Emas). Tapi berhubung aku belum pernah ke tempat keduanya, maka aku dan gandung memilih Gumelar yang notabene jaraknya lebih dekat ketimbang ke Cipari (ya..walaupun niatnya mau jadi anak minyak, tapi gag apalah untuk kali ini, yang penting kan ilmunya,,hihi^^).



Untuk selanjutnya aku ceritanya lewat foto-foto aja ya, biar lebih menarik (hehe,,,maunya).

stopsite 1, ada struktur lipatan
masih di stopsite 1, tampak lebih dekat
masuk ke stopsite 2


di stopsite 2 terlihat di kejauhan batugamping berlapis, disini banyak di jumpai penambang batugamping sebagai bahan dasar semen dan banyak lagi yang lainnya.^^
di stopsite 3, adanya kenampakan sesar gawir yang nantinya akan merubah bentuk litologinya^^
di stopsite 4, kan udah berubah..yang tadinya batugamping, eh berubah litologi jadi batulempung yang mengalami spheroidal wathering.^^
masih di stopsite 4, terlihat dari kejauhan, ada kontak batugamping dengan batulempung^^. 

Abis dari stopsite 4, kami Ishoma bersama-sama.
Setelah selesaiitu.
Kami melanjutkan ke stopsite 5, menyusuri sungai (kalo orang geologi, kalo gag basah, gag joss..hehe).

menyusuri sungai, mencari kenampakan arus turbidit^^
Masih dalam menyusuri sungai bersama anak geologi kampus lain

O..iya,,
Ditengah jalan, aku sempat motret seorang bocah yang dalam pikirannya, ngapain ne mas-mas ganteng dan mbak-mbak cantik delok e batu (hehe..).
Cekidot..

aku pengen jadi geologist akh,,^^bagus,,bisa jalan-jalan..

Lanjut dari intermezo bocah kecil, kita masuk ke stopsite 5.

Di stopsite 5, terlihat arus dari batulempung yang berisi material emas^^
ne udah masuk lokasi tambang emas
penambang emas
lumpur yang ada endapan emas, dimasukin dan di campur dengan air raksa agar dapat terekstraksi
minehole/ lubang tambang, dalem banget ne lubang, kalo runtuh gimana yak..gag aman cuy..^^

 

akhir dari eskursi..foto bersama^^

Mungkin itu aja kali yang bisa aku ceritain (^^geoball dalam bercerita).
Mata juga udah ngantuk ne,terlihat jam udah menunjukan pukul 01.30 dini hari.
Bersiap untuk karena besok pagi ada kuliah Geohidrologi^^( anak rajin ne,,hehe)

O..iya..
Untuk cerita asal-usul emas dan bagaimana eksplorasinya, mungkin kapan-kapan aku ceritain dalam blog ini.
See U Next time^^
Nice Sleep……..

 




About geoball hmtg bumi

Seorang mahasiswa geologi yang suka jalan-jalan menikmati alam Indonesia yang sangat indah, tertarik dalam dunia fotografi, suka sharing akan hal yang bermanfaat dan aku adalah sang pemimpi yang mempunyai mimpi besar berkerja di offshore dan pastinya i'am an ordinary people ;D
This entry was posted in Kuliah Lapangan, Touring. Bookmark the permalink.

One Response to >Review Seminar di Unsoed dan Eskursi Mineralisasi Emas Epithermal di Gumelar,Jawa Tengah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s