>Perjalanan Ekskursi "Jabiger" ke Cagar Alam Geologi Karang Sambung 2010 Part 2

>

Oke, sekarang aku akan lanjutkan part 2 nya…
Setelah semalam tidur di asrama yang nyaman, paginya pun aku di bangunin oleh seekor tikus.
Yupz,,tikus yang gag tau nyasar dari mana yang udah bangunin aku, kesel juga sih karena gag bisa tidur sesudah itu, akupun  melanjutin aktifitas melihat jendela dan rupanya waktu itu jam udah menunjukkan pukul 05.30 Waktu Karang Sambung. Seketika aku pun langsung ke sawah samping asrama dan menunggu datangnya sunrise, karena Kampus terletak di balik gunung, maka mataharipun agak sedikt lama masuk dari biasanya.
Cekidot foto-fotonya๐Ÿ˜€
sunrise, mentari yang akan menuntun ke lapangan hari ini..๐Ÿ˜€
sawah…segar…ajiib..
cabe mahal..(sayang aja aku waktu itu lagi baik, gag jadi di petikin deh,,hehe)
kupu-kupu itu…
capung๐Ÿ˜€
Selesai mandi, akupun mandi dan siap-siap berangkat makan.
Sebelum makan, semua jabiger foto bersama di depan asrama panosogan, di lanjutkan dengan makan dan persiapan ke lapangan cekidot…
jabiger….
canonian,,eksis di sini…๐Ÿ˜›
Makan pagi..
foto di depan ruang makan…
dan kitapun pergi….horee…..

Sekarang, aku akan ceritain dari Stopsite 1 sampe yang terakhir stopsite 6 (sebenarnya ada 7, tapi karena hujan, dan banyak jabiger yang gag bawa mantel, sehingga di batalkan.. :D).

Bus pun berjalan, pada suatu titik, kamipun di turunkan dan berjalan ke arah daerah yang lebih tinggi.
Cekidot foto-foto di stopsite 1 
Tanah negara…!!!!
di kejauhan, terlihat struktur columnar joint…
singkapan batuan beku diaorit (yang berdiri beny sedang jadi pembanding, katanya..)
salah satu pawang karang sambung, namanya Bapak Eko Purwanto, dan dia juga yang akan menjadi tour guide kami..:D
ibuk win tutup hidung ketika batu diorit yang di tambang jatuh (mineral silika nya berbahaya buat paru-paru..hehe)
batu diorit yang aku foto langsung di dekat singkapan..foto mengarahkan ke selatan..
penambang batu, tak luput dari kamera..๐Ÿ˜€

Untuk penjelasan stop site 1 : Kita berada di gunung parangan, terdapat singkapan batu diorit yang menjulang tinggi. Struktur columnar joint sangat terlihat jelas di samping singkapan, mengindikasikan adanya suatu intrusi walaupun bersifat minor, namun penelitian selanjutnya membantah adanya intrusi tersebut, karena adanya suatu data geofisika yang menyebutkan bahwa singkapan diorit ini hilang dan itu berarti adanya suatu proses sedimentasi yang di bawa oleh Lempung Karang Sambung. 

Jadi, mana yang benar???? Semuanya logis dan masuk akal, tapi setiap geologist haruslah berpikir dinamis, siapa aja bisa benar tapi haruslah dengan data-data yang akurat hendaknya. Dan semua kembali kepada individu-individu masing-masing.
Selanjutnya, kita berjalan turun dan mendekati ke arah kali.
Kali Mandala namanya, ini di jadikan stopsite 2, cekidot foto-fotonya..
tulisan kali mandala…๐Ÿ˜€
terlihat kenampakan lava basalt…
lava basalt yang terkekarkan..namun belum bisa di katakan breksi bila belum tertransportasi..
aliran sungai ini, menuju ke sungai luk ulo…
ne sungai luk ulo nya..๐Ÿ˜€
ada kepiting yang terganggu pasukan biru, dia bilang “macam tidak ada tempat lainkah..??”
Untuk penjelasan stopsite 2 di Kali mandala ini : Adanya lava basalt yang mengarahkan ke barat dan telah terkena kekar intensif baik itu kekar gerus maupun tarik.  
Lanjut ke stopsite 3, yuk mari..
cekidot foto-fotonya ya..
di sini acara penampakan geomorfologi..
kenampakan fisiografi di atur oleh tektonik maupun litologi..๐Ÿ˜€ (foto mengarah utara)
terlihat boulder dari kejauhan..
pak eko purwanto sedang menjelaskan asal mula batu ini..(ane lupa datangnya dari formasi apa.. maklumin :D)
itu aja dari stopsite 3, mari lanjutkan ke stopsite 4..

Melangkah ke stopsite 4, kita akan bergerak ke singkapan serpentinite,,,
cekidot foto-fotonya,,๐Ÿ˜€

tulisan di papan itu “puncangan, batuan metamorf, serpetinit”
ne contoh batuan serpentinite yang aku zoom..๐Ÿ˜€
foto depan singkapan serpentinit yang merupakan kerak samudra

Untuk penjelasan di stopsite 4 ini, aku akan jelasin tentang apa itu batuan metamorf serpentinit. Serpentinit merupakan batuan metamorf yang merupakan ubahan dari batuan ultrabasa (misalnya dunite) penyusun kerak samudra. Serpentinite memiliki warna yang kehijauan yang ornamental.
Bicara soal geoteknik nya, mendirikan bangunan di daerah batuan/mineral ubahan seperti serpentinit sangatlah beresiko besar๐Ÿ˜€ (cari tempat lain aja, yang batuannya kompak hehe).

mari lanjutkan perjalanan ke stopsite ke 5 tepatnya di kali kuncar๐Ÿ˜€
cekidot foto-fotonya yak..

kali kuncar 400 m lagi…
keceriana anak-anak itu..๐Ÿ˜€
buk win dan bina menikmati perjalanna,,,๐Ÿ™‚
sampe lah di stopsite 5

Penjelasan untuk stopsite ke 5 ini : Terlihatnya singkapan silk clay  (batulempung bersisik),dan terdapatnya struktur boudin.

Lanjut ke stopsite 6, cekidot foto-fotonya yak๐Ÿ˜€

terdapat hadist sebagai pengingat bagi oknum-oknum yang hendak mengambil tanah negara tanpa ijin,,
sudah di depan stop site 6, pak eko pun segera menjelaskan..๐Ÿ˜€
kamipun makan siang di sini…
oke,,inilah singkapan yang perlu di jelaskan,,๐Ÿ˜€
Di stopsite yang ke 6 ini penjelasannya begini : Terdapatnya kontak langsung antara lava dengan batugamping merah dan rijang. Rijang itu sendiri merupakan batuan sedimen yang mengalamai perubahan kimiawi yang mana mineral silikatnya menjadi meningkat. Rijang itu sendiri terdapat di laut dalam. Fosil radiolaria dapat di temukan di rijang karena melewati batas CCD yang berumur 80 jt tahun yang lalu.
Untuk stopsite hanya sampe 6, karena cuaca yang tidak mendukung pada stopsite ke 7.
O…iya…
Selain kami di lapangan, ada juga anak SMP Susteran dari Purwokerto yang lagi belajar lapangan juga, mau liat kayak apa???cekidot foto-fotonya (haha….)
anak-anak SMP Susteran..dari jarak jauh..
ckckck…(beni dengan mata liarnya,,haha..)
hahaha,,,jabiger (macam liat singkapan kah???wkwk)

O..iya…penasaran khan melihat lebih dekatnya anak-anak SMP Susteran lebih dekat, ne penampakannya๐Ÿ˜€

putih dan cantikkan????jarang-jarang singkapan kayak gini,,,hahahaha 

Untuk tulisan di lapangan sampe sini aja, selanjutnya kami langsung pulang ke kampus lapangan karena cuaca hujan pada stopsite ke 7.
Cekidot foto-fotonya..

shiro dan shincan…hahaha๐Ÿ˜€
sebenarnya, stopsitenya ini tapi keburu hujan e..๐Ÿ˜€
di bilangin hujan,,, yang gag percaya ne buktinya๐Ÿ˜€

O..iya, untuk di kampus lapangan, kami juga pergi ke museum yang berada di situ. Mantap isi dalamnya, cekidot๐Ÿ˜€

cukup ini aja ya foto dalam museumnya..๐Ÿ˜€

Setelah selesai baca-baca di museum, kami langsung balik, maklum waktu udah sore.

pulang dengan kenikmatan dan kepuasan…๐Ÿ˜€
salam rindu selalu buat karang sambung๐Ÿ˜€

Habis foto, habislah bercerita…
Thank yang udah baca tulisan ini, bila ada teman-teman yang mau nambahin penjelasan tentang stopsite, bisa di komen aja yak๐Ÿ˜€.

see u next paper, see u next story, see u next journey….
Salam “BUMI” salam Geology semua…๐Ÿ˜€

About geoball hmtg bumi

Seorang mahasiswa geologi yang suka jalan-jalan menikmati alam Indonesia yang sangat indah, tertarik dalam dunia fotografi, suka sharing akan hal yang bermanfaat dan aku adalah sang pemimpi yang mempunyai mimpi besar berkerja di offshore dan pastinya i'am an ordinary people ;D
This entry was posted in Kisah geologi-ku, Kuliah Lapangan. Bookmark the permalink.

3 Responses to >Perjalanan Ekskursi "Jabiger" ke Cagar Alam Geologi Karang Sambung 2010 Part 2

  1. gp says:

    >masang picnya mantap deh…hehe…eh, kalau buat penelitian kenapa ditambang? ntar lama2 abis deh :(yg ada penambang batu, bukan tanah negara ya?TFS๐Ÿ™‚

  2. >@mbak gp : thank mbak.. :Ditu dy mbak,,,saya kurang tau jg,,,menurut aq sih, itu udah ada ijin dari negara mbak,,mungkin batunya di buatin seperti souvenir ato kerajinan tngan yg lain.. :Dsma2 mbak๐Ÿ˜€

  3. reza aprilda says:

    wah,, mantap ya storynya,,๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s