Cerita Dari Bledug Kuwu

Tempatwisata yang satu ini sangatlah unik, sangat berbeda dengan tempat wisata-wisatalainnya, tempat wisata ini bernama Bledug Kuwu. Jika di Amerika Serikat kitadapat menjumpai SALT LAKE (padang garam) yang berasal dari dangkalan laut kemudianberubah menjadi daratan luas, dan pada saat ini daratan tersebut seringdigunakan sebagai ajang pengujian kendaraan tercepat didunia. Lain halnyadengan dangkalan laut yang terdapat di Indonesia, sekaligus merupakan keajaibanalam yang tidak dimiliki oleh negara-negara lain, namanya bledug kuwu, letaknyadisamping desa kluwu, kecamatan kradenan kabupaten grobogan, juga karenasuaranay yang secara periodik meletupkan bunyi bledug(seperti meriam yangterdengar dari kejauhan)dari gelembung lumpur bersamaan dengan keluarnya asap,gas dan air garam. Melalui proses tersebut menjadikan daratan bledug yangdulunya berada didasar laut, sekarang menjadi daratan yang mempunyai ketinggiankurang lebih 53m dari permukaan laut. Luas arealnya 45Ha dengan suhu minimum 31derajatcelcius.

Aku berangkat dari Jogja bersama temanku Iba, tanggal 02Oktober 2011, jam 09.00 WIB, sampainya di Bledug Kuwu siang jam 13.00 WIB (agaklama karena 1 jam aku habiskan waktu berkunjung ke museum manusia purba di Sangiran).
Perjalananyang melelahkan karena jalan yang rusak, apalagi dari Purwodadi –Kuwu banyakjalan yang berlubang. Sesampai di Bledug Kuwu aku langsung mengeluarkan kamerakesayangan buat mengabadikan moment jalan-jalan kali ini. Cekidot foto-fotonyalangsung reader.
Keasikan motret, dan ingin mendapatkan foto letusan BledugKuwu lebih dekat akhirnya aku masuk ke dalam lumpur, itu semua karena aku tidak membawa lensa tele maka harus memberanikanlebih dekat walaupun harus hati-hati dengan lumpur yang masih lunak dan cair. Yang tadinya aku pergi pake sepatu, pulangnya aku mengikhlaskan untuk memakai sandal jepit yang aku beli di warung Desa Kuwu.
masih juga narsis walau udah masuk lumpur
aku bersama almahrum sepatu
Di Bledug Kuwu, ada perbedaan yang sangat mencolok. Selama perjalanan kitadisuguhi oleh pemandangan alam yang indah dan subur, tetapi sangat bertolakbelakang dengan Bledug Kuwu. Daerah yang sangat tandus, panas, dan tidak subur.Tetapi ini menjadikannya sangat indah, dua sisi yang berbeda. Selain menikmatikeindahan wisata Bledug Kuwu, ternyata disana banyak sekali penduduk desa yangmencari nafkahnya dari Bledug Kuwu sebagai petani garam. Dari sumber air garambledug kuwu, petani garam mengolahnya hingga menjadi garam dapur. Kemashyuranrasa garam gledug kuwu pernah tercatat dalam sejarah keraton surakarta. Hal inidapat dibuktikan melalui berbagai keterangan dari masyarakat sekitarnya.Didaerah ini terdapat gunungan-gunungan kecil yang puncaknya mengeluarkan lumpurberwarna kekuning kuningan.
Bledug Kuwu mempunyai keistimewaan tersendiri, apabiladilihat dari peta geologi Dr AJ Panekoek, bahwasanya tanah-tanah yang adabledugnya adalah jenis Aluvial Plains (tanah endapatan atau tanah mengendap)bersamaan dengan meletupnya bledug, keluarlah uap, gas dan air garam. Suarabledug terjadi karena muntahnya kawah yang berupa lumpur dengan warna kelabuatau kelabu kehitam hitaman, tetapi kalau dicampur dengan air maka akan menjadiputih. Apabila diendapkan air endapan bledug kuwu adalah tanah kapur dan tepatsekali apabila disitu dulunya laut kemudian menjadi daratan, karena erosi darigunung kapur sudah tentu tanah endapannya mengandung kapur.

Gas yang terdapat pada letupan Bledug Kuwu merupakan gas metan biogenik (biogenic methanegas) yang merupakan hasil dari proses diagenesisdan biasa terjadi pada kedalaman 0 sampai 4 km. Terbentuk dari sisa jasadmahluk hidup serta aktifitas jasad renik anaerob pada kondisi temperatur tinggi(± 100 – 125°C) dan tekanan dari beban sedimen diatasnya. Untuk keterangantentang terjadinya proses diagenesis silahkan baca kembali artikel saya tentangProses Pembentukan Minyak Bumi.

Air formasi yang ikut terbawa keluar saat terjadi letupan gas mempunyai kadargaram (salinitas) yang tinggi dan sangat potensial untuk diolah menjadi garamdapur. Kelebihan garam dapur volcano ini adalah sudah mengandung yodium dengankadar yang lebih tinggi dibandingkan garam dapur hasil olahan dari air laut,meskipun berpotensi mengandung sianida juga, sehingga relatif bisa langsungdigunakan tanpa harus melalui proses penambahan yodium lagi kedalam garam.

Secara geologi, fenomena yang terjadi di daerah Kuwu disebut sebagai MudVolcano atau gunung api lumpur. Setiap ekstrusi pada permukaan lempung ataulumpur Bledug Kuwu membentuk suatu kerucut yang diatasnya terdapat suatutelaga. Ekstrusi tersebut dibarengi dengan keluarnya gas dan air (kadang-kadangjuga minyak) secara kuat, bahkan dengan suara ledakan. Seringkali gas yangdikeluarkan terbakar sehingga menyerupai gunung api. Sifat gunung api lumpurini sangat tergantung kepada iklim dan juga jumlah lempung yang dikeluarkan.
Terjadinya gunung api lumpur biasanya berasosiasi dengan suatukeadaan geologi yang lapisan sedimennya belum tekompaksikan, mempunyai tekanantinggi dan mengakibatkan timbulnya diapir dari serpih ataupun penusukan olehserpih. Gejala tersebut juga sering berasosiasi dengan daerah yang disebut ‘overpressured area‘, yaitu daerah tekanan tinggi yang tekanan serpihnya lebihbesar daripada tekanan hidrostatik, dengan demikian dapat menimbulkan kesulitanpemboran.Di sisi lain, terdapat cerita legenda yang menyertai terbentuknya Bledug Kuwu. Menurut cerita turun temurun yang beredar di kalangan masyarakat disitu, Bledug kuwu terjadi karena adanya lubang yang menghubungkan tempat itu dengan laut Selatan. Konon lubang itu adalah jalan pulang Joko Linglung dari Laut Selatan menuju kerajaan Medang Kamolan setelah mengalahkan Prabu Dewata Cengkar yang telah berubah menjadi buaya putih di Laut Selatan. Joko linglung konon bisa membuat lubang tersebut karena dia bisa menjelma menjadi ular naga yang merupakan syarat agar dia diakui sebagai anaknya.

Dongengpun selesai, waktu sorenya aku dan teman pulang dari Bledug Kuwu dan sampai di Jogja sudah menunjukan jam 20.00 WIB.
See u next time in my  journey.

About geoball hmtg bumi

Seorang mahasiswa geologi yang suka jalan-jalan menikmati alam Indonesia yang sangat indah, tertarik dalam dunia fotografi, suka sharing akan hal yang bermanfaat dan aku adalah sang pemimpi yang mempunyai mimpi besar berkerja di offshore dan pastinya i'am an ordinary people ;D
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 Responses to Cerita Dari Bledug Kuwu

  1. menarik dongengnya.. sdh lama pingin jelajah ke bledug kuwu tp blm kesampaian jg

  2. @jo the explorer : thanks mas,,,ayo mas ke sna,,,jgn di rencanain,,mendadak ajah,,,kadang yg di rencanain gag selalu jadi,,,hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s