Merapi Mount Hiking After Eruption (2965 mdpl, Jawa Tengah)

Pendakian kali ini 8-9 Oktober 2011, aku memilih untuk mendaki Gunung Merapi,selain baru mengalami erupsi pada bulan November 2010, gunung merapi jugamempunyai tantangan tersendiri dalam mendakinya😀. Inilah pendakian keduakalinya buat aku, pertama aku mendaki Gunung Merapi pada akhir tahun 2008 (Ya,tepat sekali,  waktu hari pergantiantahun), waktu itu Gunung Merapi mempunyai puncak yang dikenal dengan PuncakGaruda, namun sekarang puncak itu udah roboh seiring dengan erupsi  November 2010 tersebut. Sekarang GunungMerapi memiliki kawah baru, yang mana penggabungan dari kawah mati dan kubahmagma Puncak Garuda.

Pendakian kali ini aku bersama teman-teman berjumlah 10 orang. Pendakian inisebenarnya mendadak aku lakukan, karena mengingat aku dan teman-teman yang lainpada sibuk untuk minggu berikutnya😀. Tanggal 8-oktober 2011, jam 5 sore akudan teman yang lain berangkat dari Jogja, dengan berkendara ke arah utara GunungMerapi tepatnya di Desa Selo.

Jam 9 malam kamipun tiba di Selo, basecamp Gunung Merapi. Sebelum mendaki, tak lupamakan mie dulu di warung dekat basecamp (pas banget gitu loh, dingin-dinginmaem mie *dengan logat ala alay,,,wkwk).
Cekidot foto-foto narsis di depan warung.

abis makan mie..
Setelah foto-foto narsis, aku dan teman yang lain langsungpacking. Di mulai dengan baca Doa kamipun capcusmendaki.

Malam itu bulan hampir penuh, sedikit mempermudah pendakian karena terangnyabulan. Debu yang sepanjang jalur pendakian seakan mengiringi hentakan langkahkami. Jam 1 dini hari pada tanggal 9 Oktober 2011, kamipun istirahat sebelumpasar bubrah. Tidur di atas debu, batu dan rumput (indah sekali, apalagi ditambah pake selimut puas banget tidur malam itu).

Jam 4 aku dan sebagian teman(karena 4 orang teman aku Andes, Edi, Fauzan dan Heriudah duluan nungguin di Pasar Bubrah)memulai pendakian lagi untuk melihatsunrise di Pasar Bubrah.
Cekidot foto-foto sunrise di Pasar Bubrah.

sunrise di Pasar Bubrah
Sunrise
Gunung Merbabu di sana…
Sesudah sunrise-an aku dan ketiga teman aku (Gandung, Roridan Putra melanjutkan naik, tidak dengan Gemblung, Ryan dan Arif yang menunggudi Pasar bubrah). Dari Pasar Bubrah jalur sangat curam sekali di tambah denganpasir kerikil yang membuat susah melangkah (kayak berjalan di atas kolam air debitsepinggang)dan juga batuan yang kurang resistern dapat menggelinding kebawahdan terkena teman sendiri (perlu kehati-hatian-nya dalam melangkah). Di tengahjalan, aku selisih dengan teman aku Andes, Fauzan, Heri dan Eddy, mereka udahke puncak duluan dan nanti menunggu di Pasar Bubrah.
Jalurnya edan..slope 60 derajat..
edy,heri, andes turun dan aku naik…
Sekitar 45 menit aku dan teman untuk dapat ke puncak GunungMerapi. Perasaan capek langsung berganti dengan semangat, senang dan haru.Akhirnya puncak telah di tapaki,segeralah kamera kesayangan aku keluar danmemotret apa saja yang aku lihat. Cekidot foto-foto aku dan teman di puncak.
I am Geoball
rori, aku, dan agrimz dengan bendera BAT
putra,,,
Kawah Merapi yang baru…terlihat lubang kepundan yang masih fresh..😀 dulu,,lava yg keluar dri sini mmbentuk dome..dan akhirnya pada ,November 2010,,dome itu roboh yg mengakibatkan terjadinya awan panas (wedus gembel)..
tebing kawah Merapi…
lubang magma, boleh tuh sekali-sekali masuk ke dalam, mana tau bisa tembus ke pantai selatan Jogja,,😀

Setelah selesai bernarsis ria di Puncak Merapi, aku danteman lain turun. Untuk jalur turun hanya membutuhkan waktu 15 menit saja,karena banyak pasir sehingga dapat ngesotria ;D.

kayak padang pasir,,
bisa maen sky,,,😀
Sesampaidi pasar bubrah, kami langsung foto bersama-sama untuk menutup foto blog kaliini😀.
fauzan, rori, heri, agrim, andes, ryan, gemblung, eddy, saya
putra dan arif
Jam 10 pagi kamipun turun karena awan sudah menutupi PasarBubrah pada waktu itu. Deburan debu membuat jarak masing-masing kami harusjauh, karena debu yang bertebangan layaknya wedus gembel.

Jam 1 siang, aku dan teman sampai di basecamp. Tak lupa makan mie lagi sebelumpulang. Abis makan, langsung tancap gas, pulang ke Jogja Istimewa😀.

Puji syukur kehadirat Tuhan YME, yang telah melindungi pendakian kali ini. Thanksbuat teman-teman  Geologi dalam divisi BumiAdventure Team (Heri, Fauzan, Andes, Rori, Ryan, Gemblung, Eddy, dan Agrimz) dan teman aku Putra dan Arif buat kerja samanya dalam pendakianini.

See u next time,  see u next trip &journal. Salam Bumi Selalu.

About geoball hmtg bumi

Seorang mahasiswa geologi yang suka jalan-jalan menikmati alam Indonesia yang sangat indah, tertarik dalam dunia fotografi, suka sharing akan hal yang bermanfaat dan aku adalah sang pemimpi yang mempunyai mimpi besar berkerja di offshore dan pastinya i'am an ordinary people ;D
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s